Tracer Study

Selamat atas kelulusan alumni Universitas Perjuangan Tasikmalaya…

Untuk mengetahui keberadaan para lulusan, pengembangan kurikulum dan kemajuan Universitas Perjuangan Tasikmalaya maka kami dari Carrier Development Centre (CDC) Universitas Perjuangan Tasikmalaya akan melakukan pendataan alumni yang dilakukan oleh tim Carrier Development Centre (CDC) Universitas Perjuangan Tasikmalaya.

Data yang diberikan oleh para alumni tentunya dijamin kerahasiaannya. Oleh karena itu, para alumni diharapkan hati-hati terhadap penipuan, kami tidak pernah mengiming-imingi para alumni diterima diperusahaan dengan membayar sejumlah uang.

Diharapkan pada alumni tidak memberikan data dengan sembarangan, karena kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan mencocokan data para alumni sebelum melakukan pendataan / tracer.

Tracer Study merupakan sebuah metode penelitian yang digunakan untuk melacak dan memantau keberhasilan lulusan dalam memperoleh pekerjaan atau mengikuti pendidikan lanjutan setelah menyelesaikan program studi mereka. Tujuan utama dari tracer study adalah untuk memperoleh informasi tentang tingkat kesesuaian program studi dengan kebutuhan pasar kerja serta mengevaluasi kualitas pendidikan yang diberikan oleh institusi pendidikan.

Tracer study yang dilakukan CDC Unper, lulusan program studi dihubungi dan diwawancarai atau diberikan kuesioner untuk mengumpulkan data tentang pekerjaan mereka, gaji yang diterima, relevansi pendidikan yang mereka terima dengan pekerjaan yang mereka geluti, serta pendidikan lanjutan yang mereka ikuti setelah lulus. Informasi ini kemudian dianalisis dan digunakan untuk memperbaiki kurikulum, metode pengajaran, dan strategi karir yang ditawarkan oleh institusi pendidikan.

Tracer study yang dilakukan tentunya dapat membantu program studi bahkan Universitas dalam meningkatkan hubungan dengan alumni mereka, memperkuat jaringan profesional, serta menyediakan data yang relevan untuk keperluan akreditasi dan peningkatan mutu pendidikan.

Tracer study dilakukan dalam jangka waktu tertentu setelah lulusan menyelesaikan program studi, seperti 6 bulan, 1 tahun, 3 tahun, atau 5 tahun setelah lulus. Hal ini memungkinkan pengumpulan data yang komprehensif tentang keberhasilan karir lulusan dan perkembangan mereka dalam jangka panjang.

 

Untuk Pengisian Data Alumni (https://forms.gle/gzfm4UX8131qs1QX6)

Untuk Pengisian Kepuasan Pengguna  (https://forms.gle/hqBGK1UuK81S4jHaA)

Laporan Tracer Study 2022 / 2023 (link menyusul)